Selasa, 06 Maret 2018

Tips Sehat Memilih Makanan Beku


Anda sering membeli makanan beku? Makanan beku tentu menjadi pilihan untuk memperoleh bahan makanan yang tidak selalu ada atau sedang tidak musim. Kini kita cukup mudah memperoleh makanan beku di pasaran. Namun, kira-kira apakah kita sudah memilih makanan beku tersebut dengan sehat?

Bahan makanan yang tersedia dalam bentuk beku biasanya adalah sayur, buah, makanan hewani dan bahan makanan olahan karbohidrat. Makanan beku menjadi pilihan agar suatu bahan makanan dapat kita konsumsi lebih awet. Umumnya makanan beku kita pilih sebagai stok simpanan bahan makanan di frezeer. Maka dari itu kita harus dapat memilih bahan makanan beku yang baik dan sehat untuk tubuh kita.

Academy of Nutrition and Dietitian menyebutkan beberapa saran yang dapat dilakukan dalam memilih bahan makanan beku yang sehat. Pemilihan ini dilihat dari segi kandungan gizinya,beberapa tips dalam memilih bahan makanan beku adalah:

Pilih buah dan sayur beku yang rasanya tawar
Penambahan bumbu atau gula pada makanan beku umum dilakuan pada buah atau sayur. Selain akan menambah kalori, hal ini akan meningkatkan asupan natrium dan gula pada tubuh. Jika terdapat beberapa pilihan jenis makanan beku, maka kita sebaiknya kita memilih yang tanpa tambahan bumbu, gula atau lemak.

Pada buah beku pastikan tidak ada penambahan gula
Buah beku menjadi pilihan jika buah segar sedang tidak tersedia karena alasan musim. Buah beku kerap mendapat penambahan gula sehingga pada pemilihan buah beku harus dipastikan tidak ada penambahan gula agar asupan gula ke tubuh kita tidak berlebihan.

Bandingkan kandungan lemak pada makanan hewani
Dalam memilih makanan hewani dalam kondisi beku kita sebaiknya memerhatikan kandungan kalori dan lemak, baik lemak jenuh dan lemak tras. Kita dianjurkan memilih makanan hewani beku yang kandungan kalori dan lemaknya rendah.


Untuk mengetahui apakah ada penambahan bumbu, gula atau lemak pada makanan beku, kita dapat memerhatikan label kandungan gizinya. Jadi perhatikan kandungan mgizi makanan beku sebelum kita membelinya ya.

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Blog Archive